...::: "Selamat Datang di Blog BBM_Belajar Bersama Muslihin, yuukk!!! Kita Belajar | Karena Belajar Merupakan Salah Satu Kunci Untuk Mencapai Kaberhasilan | dan Dengan Membaca Adalah Untuk Membuka Jendela Dunia | Ayoo Kita Belajar !!! :::...
Home » » Belajar yuukkk !!!!

Belajar yuukkk !!!!

BBM_Belajar Bersama Muslihin | 09.24 | 0 komentar
Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

Sedangkan pengertian belajat menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

dari beberapa pengetian belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar.

kenapa kita harus belajar ????

sebenernya jawabannya sederhana. Karena kita ingin tau. Kenapa ingin tau....???? karena mahluk yang punya akal (terutama manusia) ingin melakukan sesuatu terhadap pengetahuan yg dia inginkan.

misal, manusia ingin tempat tinggalnya tetap ada cahaya walau malam hari
maka dibuatlah teknologi yg namanya api unggun lalu manusia ingin tahu, "bisakah api unggun ini diperkecil agar tidak terlalu berbahaya?" setelah dipelajari ditemukanlah teknologi yang namanya lilin begitu seterusnya hingga Mr. Edison menemukan bola lampu.

tidak sampai disana saja, sampai sekarang teknologi pencahayaan di dalam ruangan di malam hari terus dikembangkan, dari yg hemat listrik sampai cahaya darurat apabila cahaya utama mati manusia yg ingin semua pekerjaannya jadi sederhana belajar dan menemukan hal2 baru untuk memudahkannya bekerja.

secara teknis, rasa ingin tahu itulah yang membuat manusia mau belajar. Dan seharusnya Belajar itu adalah sesuatu yang ingin dilakukan, bukan yang harus dilakukan.

jadi kesimpulannya, kita sebagai manusia memiliki sifat yang ingin tahu yang mendorong kita untuk belajar, belajar bukanlah sesuatu yang harus kita lakukan, tetapi sesuatu yang seharusnya ingin kita lakukan. Selama manusia hidup, manusia akan terus ingin tahu da belajar.


Wallahu a’lam bish showab
Kawan, Bagikan artikel ini :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. BBM_Belajar Bersama Muslihin - All Rights Reserved
Template Modify by BBM_Belajar Bersama Muslihin
Proudly powered by Blogger